-->

Beberapa kerusakan pada Power amplifier CA18

Berikut saya jelaskan beberapa kerusakan pada Power amplifier CA18
1. Protek


kerusakan pada Power amplifier CA20
Protek pada umumnya terjadi apabila ada komponen yang rusak, biasanya komponen yang rusak berada pada transistor final, transistor pada stepper, transistor buffer, resistor 5watt

Solusi

Untuk mengetahui bagian transistor yang rusak yaitu dengan mengukur voltase pada induktor dekat relay. Jika disana diukur terdapat voltase negative (-) sudah pasti transistor dibagian negative yang rusak, transistor negative pada CA18 yaituc 2sa1943 dan sebaliknya jika terdapat voltase positif (+) diukur pada induktor,  yang rusak beberapa atau salah satu transistor 2sc5200. Periksa juga resistor 5watt pada kaki emiter dan resistor 1/2 Watt pada basis transistor final tersebut, biasanya resistor tersebut juga rusak.

Baca juga 



2. Clip tidak wajar
Clip tidak wajar biasanya terjadi karena komponen yang rusak pada bagian vas dan input juga bisa terjadi jika tegangan netral tidak masuk ke rangkaian bagian VAS

Solusi

Periksa voltase  menggunakan volt meter pada  kaki resistor R138, 149, 153, 154. Pastikan semua voltase sama dengan modul power sebelahnya. Dalam kasus yang saya alami resistor R138 rusak, hambatannya tak terhingga. Jadi ganti saja mana yang rusak diantara resistor tersebut.


Power CA20 rusak



3. Suara tidak keluar
Suara tidak keluar biasanya disebabkan relay tidak berfungsi semestinya atau relay terbakar karena terjadi short pada kabel output speaker sehingga merusak relay tersebut.

Solusi

Ganti relay tersebut dengan relay yang baru dengan kualitas yang bagus. Perlu diingat voltase coil relay harus sama dengan voltase relay yang rusak sebelumya jangan menggantinya dengan voltase yang lebih rendah atau yang lebih tinggi.

4. Potensio kresek

Jenis kerusakan ini sangat umum pada power amplifier dan alat elektronika lainya. Kerusakan ini disebabkan karena 2 hal yaitu:

>  Karena sering dipakai
Kerusakan disebabkan karena sering dipakai memang tidak terhindarkan

Solusi

Ganti potensiometer dengan yang baru usahakan menggunakan potesimeter dengan kualitas yang bagus agar tidak terlalu sering mengganti potensiometer tersebut. 

>  Karena debu yang menempel pada potensiometer
Jika debu menempel pada karbon potensiometer memang akan terjadi kerusakan kresek yang dapat kita dengar melalui speaker ketika potensiometer tersebut kita putar. 

Solusi

Jika karbon pada potensiometer belum rusak masih bisa diperbaiki dengan menyemprotkan kontak cleaner atau mencucinya dengan minyak lampu atau mencucinya dengan sabun pastikan pembersihan terakhir menggunakan air agar debu yang menempel disekitarnya juga hilang.
beberapa kerusakan pada Power amplifier CA20


5. Suara kecil atau besar sebelah

Suara kecil sebelah biasanya dikarenakan saklar pada bride, paralel, stereo dan saklar gain  yang berkarat, posisinya berada pada panel belakang power tersebut

Solusi

Bersihkan saklar tersebut dengan menggunakan kontak cleaner atau diganti saja saklar tersebut dengan saklar yang baru.

Baca juga 

 Skema box speaker subwoofer 15"x2 lapangan BH215

6. Power Cepat panas
Masalah power cepat panas bisa diakibatkan beberapa hal antara lain.

>  Kipas mati
Jika kipas mati memang power akan sangat cepat panas apalagi jika menggunakan power dalam keadaan daya maksimum.

Solusi.

Ganti kipasnya sesegera mungkin dan jangan menggunakan power tersebut sebelum kipasnya diganti.

>  Silikon Grease mengering
Silikon Grease adalah pasta yang berbentuk seperti odol Pepsodent yang gunanya untuk menghantarkan panas yang berasal dari transistor menuju ke heataink. Jika silikon Grease ini mengering maka panasnya hanya akan berada pada transistor dan panasnya tidak terkirim ke heatsink secara sempurna

Solusi

Segera ganti silicon grease sesegera mungkin karena jika dibiarka maka power akan sangat mudah rusak.

Ketika Menganti silikon Grease yang lama ke yang baru pastikan silikon Grease yang lama tidak ada yang tertinggal caranya dengan menggunakan tiner diusap pakai kain lap sampai betul-betul bersih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to " Beberapa kerusakan pada Power amplifier CA18"

  1. Mas punya saya ca 18 protek dan klip sebelah tapi transistor final tidak ada yang rusak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel