-->

Mixer soundcraft mati total IC dihapus

Kali ini saya akan membahas mengenai mixer soundcraft yang supply-nya SMPS rusak,  sebelum membahas ke topik judul saya akan menjelaskan sekilas mengenal Apa itu SMPS?

Mixer soundcraft mati total


SMPS adalah singkatan dari Switch Mode Power Supply, jadi artinya sumber tegangan yang menggunakan system pengsaklaran ( switching ),  yang bekerja dengan cara penyearahkan voltase AC dari PLN 220 Volt menjadi tegangan DC tinggi sekitar 308Volt, yang kemudian di switch(pengsaklaran) menuju trafo dengan menggunakan Mosfet. Tegangan keluaran pada trafo sekunder diturunkan lagi lalu disearahkan lagi, sebelum dipakai untuk menghidupkan rangkaian elektronik. Voltase dilewatkan dulu ke bagian filter frekuensi tinggi dan kapasitor perata.

Mosfet pada SMPS bekerja sebagai saklar on / off (switching) berkecepatan tinggi, yang menghasilkan ouput berupa pulsa hidup-mati secara periodik,  pada   frekuensi yang biasanya antara 50 khz-500 khz.

SMPS bekerja pada frekuensi kerja yang jauh lebih tinggi yaitu  50 kHz- 500 kHz. Perlu diketahui bahwa makin tinggi frekuensi artinya makin efisien kerjanya, sehingga SMPS dengan keluaran yang sama dengan PSU linier memiliki bobot yang jauh lebih ringan dan dengan trafo yang berukuran jauh lebih kecil.

Kelebihan SMPS

1. Efisiensi yang Tinggi
Strum keluaran power supply liner tergantung pada tap trafo yang ada. Untuk jenis nonregulasi, tegangan keluaran bervariasi tergantung pada beban arusnya. Tapi untuk yang teregulasi, dalam prosesnya menghasilkan disipasi daya transistor / panas yang berlebihan hingga menurunkan efisiensinya. Inti besi trafo juga menghasilkan rugi daya yang sangat besar, yang pada akhirnya cuma bisa menghasilkan efisiensi sekitar 30 atau 40% saja.

Tegangan SMPS mudah diset pada voltase berapapun dan pada arus berapapun sesuai kapasitas tanpa terpengaruh oleh dimensi dan berat. System pensaklaran pada SMPS, regulasi diperoleh hanya dengan mengatur lebar pulsa, yaitu transistor bekerja secara mati sepenuhnya atau hidup sepenuhnya, maka panas dan kerugian daya yang ditimbulkan akan sangat minim   – sehingga lebih dingin serta lebih sedikit kehilangan daya. Kerugian dari inti ferrit, inti konduktor dan dioda perata adalah penyumbang utama kerugian arus pada SMPS, namun masih bisa menghasilkan efisiensi tipikal antara 60 – 80%.

2. Stabilitas SMPS

SMPS mempunyai toleransi kisaran tegangan masukan yang lebar. Tegangan masukan bervariasi,  yaitu antara strum dc 150 – 300V atau strum ac antara 90 – 265V, SMPS masih mampu memberikan tegangan keluaran yang stabil. Dengan demikian SMPS juga disebut AC MATIC, artinya meskipun tegangan input anjlok sangat rendah menjadi 90V, namun tegangan output masih tetap utuh. Beda dengan catu daya linier, apabila jala-jala listrik drop hingga 90v, maka keluaran juga akan drop banyak hingga tak mampu menyalakan peralatan elektronika.


 Baca juga 


3. Perawatan SMPS lebih murah
SMPS, jika rusak paling sering adalah mosfet atau mungkin resistor dan diode kecil. Sedangkan power supply linier, justru travo inti besinya yang sering terbakar atau bocor. Harga mosfet tentu saja jauh lebih murah daripada harga travo inti besi yang paling kecil 500mA sekalipun. Travo inti besi yang terbakar memang bisa di gulung ulang, namun biayanya masih lebih mahal daripada harga mosfet. Apakah trafo inti ferrite SMPS nggak bisa rusak?… ya tentu bisa saja, tapi ini jarang terjadi, dan kalaupun rusak juga bisa digulung ulang namun dengan biaya yang jauh lebih murah daripada jasa gulung travo inti besi ~ bahkan bisa digulung sendiri.

4. Dilengkapi sistem proteksi,.
Jadi jika ada konslet atau kesalahan dalam penggunaan maka SMPS akan mengaktifkan system protek sehingga tegangan keluaran menjadi 0 dan tidak membahayakan sirkit elektronik.
Tegangan tinggi dan rendah adalah dua tegangan yang terisolasi, sehingga tidak akan menyebabkan kebocoran arus tegangan tinggi pada sekunder yang menyebabkan sengatan listrik. Travo inti besi sangat bisa terjadi kebocoran antara primer dan skunder, sehingga bisa menyebabkan orang tersengat tegangan jala-jala; selain itu travo bocor bisa menyebabkan distorsi/noise terutama jika digunakan pada audio ampifier.


Kekurangan utama SMPS

SMPS adalah unit yang tidak mudah dirakit oleh pemula karena lebih kompleks dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Selain itu juga perlu menyearahkan tegangan tinggi 220VAC dari jala-jala yang akan berubah menjadi 300VDC. Dengan demikian sangat berbahaya apabila kurang berhati-hati ketika merakitnya sendiri tanpa pengetahuan yang memadai tentang SMPS – Kecuali anda membeli kit yang sudah jadi, SMPS bukanlah menjadi persoalan serius bagi pemula, seperti saya.. hehe.
Kelemahan lainnya bisa terjadi apabila rakitan dan part SMPS terutama ultra fast dioda dan kapasitor tapis yang kurang bagus, maka  frekwensi liar/harmonik pada keluaran bisa tidak diredam dengan baik, sehingga akhirnya akan menyebabkan gangguan suara noise yang cukup mengganggu pada Audio. Hal ini karena SMPS beroperasi menggunakan tegangan pulsa frekwensi tinggi.
Jika ada kegagalan kerja, maka output tegangan bisa sangat tinggi yang bisa membuat kebocoran transistor, capasitor meledak, bahkan semua komponen rusak sehingga SMPS menjadi sulit diperbaiki lagi.

Itu tadi sekilas penjelasan tentang SMPS, kembali ketopik judul. Mixer yang akan saya jelaskan ini menggunakan sistem SMPS mati total  dan IC-nya dihapus. Sebenarnya memperbaikinya sangat mudah akan tetapi karena nomor IC-nya dihapus jadinya bingung, Moa beli IC tersebut tidak tau nomornya, tetapi tenang saja karena nomor ic-nya sudah saya temukan yaitu ....

Pertanyaannya darimana saya tahu nomor ic-nya?

IC Mixer soundcraft mati total

Memang secara kebetulan mixer buatan cina sudah banyak yang saya kerjakan, diantaranya saya temukan nomor IC yang tidak dihapus, mungkin pekerjanya lupa menghapusnya atau terjadi kesilapan mereka sehingga IC tersebut saya jumpai tidak terhapus, sehingga ketika saya mendapat servisan mixer yang sama maka saya hanya tinggal mengganti IC tersebut sehingga sesuai dengan yang saya harapkan yaitu mixernya kembali hidup, nomor ic-nya CR6848T.

Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat untuk anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mixer soundcraft mati total IC dihapus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel